MENINGKATKAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN (SIM)


                     A. SISTEM INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1.       Nilai Bisnis dari Pengambilan Keputusan yang Telah Ditingkatkan
Adanya pengambilan keputusan yang lebih baik berdampak pada nilai moneter perusahaan. Berbagai keputusan diambil pada semua tingkatan dalam perusahaan, baik yang sifatnya umum, rutin, dan banyak.

2.       Jenis Keputusan
a.       Keputusan tidak terstruktur
Keputusan yang pengambil keputusannya harus memberikan penilaian, evaluasi, dan pengertian untuk memecahkan masalahnya.
b.      Keputusan terstruktur
Sifatnya berulang dan rutin, dan melibatkan prosedur yang jeals dalam menanganinya.
c.       Keputusan semi terstruktur
Hanya sebagian masalahnya mempunyai jawaban yang jelas tersedia dengan prosedur yang disetujui bersama.


3.       Proses Pengambilan Keputusan
Ada 4 tahap dalam mengambil keputusan.
a.       Kecerdasan (Intelligence)
Terdiri atas menemukan, mengidentifikasi, dan memahami, masalah yang terjadi pada organisasi
b.      Rancangan (Design)
Melibatkan identifikasi danpencarian berbagai solusi masalah
c.       Pilihan (Choice)
Memlilih alternative solusi yang ada
d.      Implementasi (Implementation)
Membuat alternative yang dipilih dapat bekerja,dan tetap mengawasi kinerja solusi tersebut.

4.       Manajer dan Pengambilan Keputusan dalam Dunia Nyata
a.       Peran manajer
·         Peran Interpersonal
Menjadi penghubung antar anggota tim manajemen
·         Peran Informasi
Menjadi penyeber informasi dan juru bicara organisasinya
·         Peran Pengambil Keputusan
Menjadi seorang wirausaha yang mengusulkan aktivitas baru, menangani gangguan dalam organisasi, mengalokasikan sumber daya kepada staf, menegosiasikan konflik dan menjadi penengah.

b.      Pengambilan keputusan dalam dunia nyata
Investasi dalam teknologi informasi tidak selalu menghasilkan hasil yang positif karena 3 hal yaitu :
·         Kualitas informasi
·         Penyaringan manajemen
·         Politik dan inersia organisasional

      B.      SISTEM  UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN
1.       System Informasi Manajemen (SIM)
SIM menghasilkan laporan yang sifatnya tetap dan rutin berdasar data yang diperoleh dan dirangkum dari system pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan.

2.       System Pendukung Keputusan (DSS)
DSS mendukung analisis masalah semi terstruktur dantidak terstruktur.
a.       Komponen DSS
·         Basis data DSS
·         System peranti lunak DSS
·         Data mining
·         User interface

b.      Menggunakan tabel Pivot Spreadsheet untuk membantu pengambilan keputusan
Peranti lunak spreadsheet membantu manajer mendeteksi dan memahami pola data.

3.       Nilai Bisnis DSS
DSS sangat berguna untuk menyediakan informasi rinci dan baik untuk mengambil keputusan. DSS juga membantu perusahaan dengan keputusan manajemen yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok.
DSS juga berguna untuk pengambilan keputusan penentuan harga, analisis profitabilitas, dan manajemen hubungan pelanggan.

4.       Visualisasi Data dan Sistem Informasi Geografis (GIS)
Perangkat visualisasi data membantu pengguna melihat pola dan hubungan dari data dalam jumlah besar yang sulit dipahami jika dipresentasikan dalam bentuk tulisan.
GIS adalah kategori khusus dari DSS yang menggunakan teknologi visualisasi data untuk menganalisis dan menampilkan data untuk perencanaan dan pengambilan keputusan dalam bentuk peta digital.

5.       Sistem Pendukung Keputusan Pelanggan Berbasis Web
CDSS – Customer Decision-Support System membantu proses pengambilan keputusan pelanggan dan calon pelanggan.

       C.      SISTEM PENDUKUNG EKSEKUTIF (ESS)
ESS membantu manajer dalam masalah tidak terstruktur dan semi terstruktur dengan focus pada kebutuhan informasi pihak manajemen senior.
1.       Peran ESS dalam Perusahaan
Melalui ESS, para eksekutif dan bawahan dapat melihat data yang sama dengan cara yang sama. Tantangan utama ESS adalah mengintegrasikan data dari system yang dirancang untuk tujuan yang berbeda-beda. Melalui ESS, banyak manajer mempunyai akses ke sumber layanan berita, basis data pasar uang, informasi ekonomi, dan data public apapun.

2.       Nilai Bisnis ESS
ESS yang dirancang baik dapat secara drastis meningkatkan kinerja manajemen dan jangkauan pengendalian manajemen tingkat atas. Akses cepat ke banyak data meningkatkan kemampuan eksekutif untuk memantau aktivitas unit-unit yang lebih rendah. Kemampuan memantau tersebut dapat mendesentralisasikan proses pengambilan keputusan dan menempatkannya pada tingkatan operasional yang lebih rendah.

        D.      SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK (GDSS)
1.       Apakah GDSS Itu?
Adalah system interaktif berbasis computer yang digunakan untuk memfasilitasi penyelesaian masalah tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan yang bekerja sama dalam satu kelompok.
Komponen utama GDSS terdiri dari peranti keras, peranti lunak, dan orang.
Peranti kerasnya adalah fasilitas konferensi itu sendiri. Sedangkan orang mengacu pada peserta rapat, fasilitator terlatih, serta karyawan pendukung peranti keras dan peranti lunak. Dan peranti lunak GDSS mencakup beberapa hal :
·         Kuesioner elektronik
·         Perangkat brainstorming elektronik
·         Pengorganisasi ide
·         Perangkat kuesioner
·         Perangkat pemungutan suara atau penentuan prioritas
·         Perangkat identifikasi dan analisis pihak yang berkepentingan
·         Perangkat pembentukan kebijakan
·         Kamus kelompok

2.       Gambaran Umum Pertemuan GDSS
Dalam rapat GDSS, setiap peserta dilengkapi dengan workstation yang terhubung ke jaringan, ke workstation fasilitator, dan ke server file untuk rapat. Semua data dikumpulkan di server file.
Peserta memiliki kendali penuh atas computer mereka. Saat rapat, semua masukan pada layar disimpan dalam server file dan hasil karya tiap peserta disimpan secara rahasia. Ketika rapat selesai, rekaman utuh dari rapat tersebut dapat diakses peserta dan orang lain yang membutuhkan aksesnya.

3.       Nilai Bisnis GDSS
Dengan GDSS, jumlah peserta meningkat dan produktivitas meningkat pula. GDSS memberikan suasana lebih kolaboratif dengan menjamin kontribusi peserta. Dokumentasi satu kelompok dapat digunakan sebagai masukan pada rapat lain dengan proyek yang sama.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Google Images untuk Mencari Sumber Gambar atau Foto

Bahasa persia, persian language Part 2

Review Running Man episode 384