Multiple Personality Disorder (MPD) atau kepribadian ganda

pernahkah kalian mendengar tentang penyakit ini?
mungkin hanya sebagian kecil orang yang mengetahui ini,  bahkan penyakit ini masih dipertanyakan ada atau tidaknya dikalangan ilmu kedokteran.
MPD atau kepribadian ganda atau yang biasa disebut alter ego adalah suatu kejadian dimana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian lain.
bahkan seseorang yang mederita MPD dapat mempunyai banyak alter atau kepribadian hingga selusin atau lebih. penderita MPD memang terlihat seperti orang nornal terkadang mereka tidak tahu bahwa mereka menderita MPD, terkadang alter yang satu dengan alter yang lain tidak saling mengenal namun bisa sebaliknya. diantara alter-alter tersebut pasti ada alter yang dominan menguasai alte yang lain, bahkan kepribadian utama terkadang tidak bisa mengontrol keluar-masuknya alter yang lain.
biasanya MPD disebabkan oleh adanya kenangan atau kejadian buruk yang terjadi pada waktu kecil antara umur 6-9 tahun. seseorang tidak mampu mewujudkan hal yang diinginkannya sehingga ia memecah kepribadiannya.
  mereka tidak sadar atas apa yang telah mereka lakukan, atau dengan kata lain alter mereka mengambil tempat utama yang berperan. sehingga mungkin penderita MPD merasa ada waktu-waktu yang hilang yang mereka tak sadari ini disebut masa transisi fuga.
banyak sekali sekarang kasus MPD dalam dunia kriminal, mereka tidak merasa melakukan kejahatan dan masalah ini masih dalam perdebatan.

penyembuhannya dapat dilakukan dengan terapi psikologis secara intensih atau banyak rumah sakit yang menangani masalah MPD ini di US.

Kronologi kasus pemecahan kepribadian di Eropa
(1646) Paracelsus melaporkan kasus tentang wanita yang menuduh seseorang telah mencuri uangnya. Pencurinya kemungkinan memiliki kepribadian ganda, yang melakukan tindakannya tanpa sepengetahuan pribadi utama.
(1791) Eberhard Gmelin mendeskripsikan kasus tentang pergantian identitas diri seorang wanita Jerman berusia 21 tahun, yang mengaku seorang bangsawan Perancis dan mampu berbicara bahasa Perancis. Gmelin percaya bahwa kasus seperti itu dapat membantu memahami seluk beluk kepribadian manusia.
(1816) Kasus Mary Reynolds, kepribadian ganda, diterbitkan dalam bentuk artikel di majalah Medical Repository.
(1838) Charles Despine menemukan sebuah kasus kepribadian ganda dalam diri Estelle, seorang gadis berusia 11 tahun.
(1876) Eugène Azam menemukan kasus kepribadian ganda dalam tubuh seorang wanita muda Perancis, yang biasa dipanggil Felida X.
(1899) Buku karangan Théodore Flournoy yang berjudul Des Indes à la Planète Mars: Etude sur un cas de somnambulisme avec glossolalie (Dari India ke Planet Mars: Kasus kepribadian ganda dengan bahasa imajiner) diterbitkan.
(1906) Buku Morton Prince, The Dissociation of a Personality, mengungkapkan kisahnya merawat pasien berkepribadian ganda bernama Clara Norton Fowler alias Christine Beauchamp.
(1915) Walter Franklin Prince menerbitkan studi kasus seorang pasien yang bernama Doris Fischer dengan judul The Doris Case of Multiple Personality. Studi kasus ini kemudian diikuti oleh beberapa percobaan mengenai diri Fischer sendiri dan dirinya yang lain.
(1943) Stengel mengatakan bahwa seseorang yang berkepribadian ganda mengalami "kelainan".
(1954) Buku Shirley Jackson, The Bird's Nest, sebuah cerita fiksi tentang pemecahan kepribadian, diterbitkan.
(1954) Buku Thigpen & Cleckley, The Three Faces of Eve, didasarkan pada hasil terapi Chris Costner-Sizemore, diterbitkan. Buku ini berhasil menarik minat orang Amerika mengkaji masalah pemecahan kepribadian.
(1957) Film The Three Faces of Eve yang dibintangi oleh Joanne Woodward, diluncurkan.
(1973) Buku laris karya Flora R. Schreiber, Sybil, membukukan kisah pengobatan dan terapi yang dilakukan oleh Shirley Ardell Mason. Namanya disamarkan menjadi Sybil Dorsett dalam buku ini.
(1976) Versi layar kaca Sybil diproduksi, dibintangi oleh Sally Field.
(1977) Chris Costner-Sizemore menerbitkan otobiografinya yang berjudul I'm Eve.
(1980) Tahun terbit buku Michelle Remembers.
(1981) Buku Daniel Keyes, The Minds of Billy Milligan, diterbitkan. Buku ini didasarkan dari hasil wawancara antara Billy Milligan dan terapisnya.
(1986) Tahun terbit buku When Rabbit Howls.
(1995) Astraea, situs yang pertama kali membahas masalah pemecahan kepribadian di dunia maya, diluncurkan bulan September.
(1999) Buku Cameron West, First Person Plural: My Life as a Multiple, diterbitkan.
(2005) Otobiografi Robert Oxnam, A Fractured Mind, diterbitkan.

referensi
http://www.google.com/search?client=opera&rls=en&q=kepribadian+ganda&sourceid=opera&ie=utf-8&oe=utf-8

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Google Images untuk Mencari Sumber Gambar atau Foto

Bahasa persia, persian language Part 2

Review Running Man episode 384